Viral Cahaya Misterius Gemparkan Warga Ukraina, Alien?

Rekaman CCTV memperlihatkan kilatan cahaya terang di Kyiv, Ukraina, 20 April 2023. REUTERS

Beberapa waktu yang lalu, viral sejumlah rekaman CCTV di Ukraina yang menunjukkan fenomena kilatan cahaya misterius. Dalam rekaman tersebut, kilatan cahaya yang tidak biasa itu terjadi pada malam hari di Kyiv, Ukraina, Rabu (19/4/2023).

Rekaman yang viral di media sosial itu pun sontak mengundang pertanyaan publik. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang membuat lelucon ringan dengan menganggap bahwa kilatan cahaya itu berasal dari UFO milik alien luar angkasa.

Salah satu video bahkan menunjukan bahwa ada benda yang menyala tampak jatuh ke tanah. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak berwenang Ukraina mengonfirmasi bahwa memang ada sebuah objek udara tak dikenal telah jatuh dari langit sekitar pukul 22.00 waktu setempat pada Rabu (19/4/2023).

Akibat jatuhnya benda misterius tersebut, pihak berwenang Ukraina sempat mengeluarkan peringatan udara di Kyiv dan sekitarnya. Namun, beberapa waktu kemudian peringatan itu dicabut karena kilatan cahaya bukan berasal dari serangan udara

“Setelah proses verifikasi dan klarifikasi, informasi mengenai kemungkinan pesawat musuh atau serangan udara dengan senjata rudal tidak dikonfirmasi,” tulis Administrasi Militer Kota Kyiv, dikutip dari Reuters, Minggu (23/4/2023).

Salah satu teori menyebutkan bahwa kilatan cahaya misterius itu disebabkan oleh jatuhnya satelit AS. Namun, hal itu dibantah oleh Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Juru bicara angkatan udara Ukraina, Yuriy Ihnat memperkirakan bahwa sebuah meteorit mungkin telah memasuki atmosfer bumi.

Saat ini, daerah sipil di Kyiv masih aktif diserang oleh rudal dan pesawat tanpa awak Rusia sehingga membuat masyarakat setempat untuk berlindung di bawah tanah. Namun, fenomena ini justru membuat masyarakat Ukraina ‘bahagia’ karena kilatan cahaya itu tidak ada hubungannya dengan perang.

Bahkan, kepala kantor presiden Ukraina, Andriy Yermak sempat bergurau dengan mengatakan bahwa kilatan cahaya misterius yang terjadi di negaranya adalah UFO.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*