Nasib Vonis Mati Sambo Diketok Sebulan Lagi

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo (kanan) berpelukan dengan istrinya yang juga terdakwa Putri Candrawathi (kiri) saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan kesaksian tiga orang saksi yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Maruf. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Nasib vonis banding mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo atas vonis mati dalam kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir Yosua Hutabarat tinggal diketok sebulan lagi. Putusan banding Sambo akan dibacakan majelis hakim Pengadilan Tinggi Jakarta pada 12 April 2023 secara terbuka untuk umum.
Sambo tak sendirian dalam mengajukan upaya hukum banding. Tiga terdakwa lainnya, yakni istri Sambo, Putri Candrawathi, kemudian sopir keluarga Sambo yakni Kuat Ma’ruf, dan mantan ajudan Sambo yaitu Bripka Ricky Rizal, juga melakukan perlawanan atas vonis yang diterima mereka.

Sebagai informasi, Ferdy Sambo dkk dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat. Berikut putusan dan tuntutan untuk para terdakwa dalam kasus pembunuhan Yosua:

Baca artikel detiknews, “Nasib Vonis Mati Sambo Diketok Sebulan Lagi” selengkapnya

1. Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup, divonis hukuman mati
2. Putri Candrawathi dituntut 8 tahun penjara, divonis 20 tahun penjara
3. Kuat Ma’ruf dituntut 8 tahun penjara, divonis 15 tahun penjara
4. Bripka Ricky Rizal dituntut 8 tahun penjara, divonis 13 tahun penjara
5. Bharada Richard Eliezer dituntut 12 tahun penjara, divonis 1,5 tahun penjara (Tidak mengajukan banding).

Berkas permohonan banding Ferdy Sambo saat ini tengah ditangani majelis hakim Pengadilan Tinggi Jakarta. Putusan banding Sambo akan dibacakan pada 12 April 2023.

“Putusan akan dibacakan pada persidangan yang terbuka untuk umum pada hari Rabu tanggal 12 April 2023 di ruang sidang pada gedung Pengadilan Tinggi Jakarta,” kata Pejabat Humas PT Jakarta Binsar Pamopo Pakpahan kepada detikcom, Rabu (8/3/2023).

Bukan hanya Ferdy Sambo, di hari itu juga PT Jakarta juga akan memutuskan vonis banding terhadap Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, dan Ricky Rizal.

Binsar menerangkan saat ini majelis hakim sudah memulai meneliti berkas tersebut. Hakim akan bermusyawarah untuk mengambil keputusan.

“Perkara-perkara pidana banding atas nama para Terdakwa Ferdy Sambo dan kawan-kawan sudah diterima dan sudah diregister, bahkan sudah ditangani oleh majelis hakim yang ditunjuk,” kata Binsar.

“Mempelajari berkas perkara sudah dimulai dan selanjutnya majelis hakim akan bermusyawarah untuk mengambil suatu keputusan,” imbuhnya.

Baca artikel detiknews, “Nasib Vonis Mati Sambo Diketok Sebulan Lagi” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6608563/nasib-vonis-mati-sambo-diketok-sebulan-lagi.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*